Selasa, 23 April 2024

Aneka (Anekdot Kreatifitas Anak)

Perencanaan

Bayangkan di kelas, murid berbagi cerita apa yang telah dibacanya dan mereka begitu senang dan tertawa dengan mendengar cerita. Tapi ini cerita bukan sekedar cerita, tetapi cerita lucu yang selain menghibur juga melatih kecerdasan emosional dan spritual.


Program ini awalnya muncul dari keluhan beberapa orang Guru yang mengungkapkan kurangnya minat baca Murid, dan rapor pendidikan sekolah yang masih perlu ditingkatkan pada kemampuan literasi, serta suara Murid yang mau meningkatkan kemampuan literasi dengan cara yang menyenangkan. Mereka memilih berbagai jenis alternatif bacaan antara lain Novel, Komik, Cerpen, Koran, dan Cerita Humor. Pada akhirnya mereka memilih cerita humor yang diberi nama “ANEKA (Anekdot Kreatifitas Anak)”. Anekdot yang dibacakan Murid, selain lucu juga mengandung pesan yang bisa melatih kecerdasan SQ, EQ, dan IQ.






Pelaksanaan Program

Program ini dilaksanakan 5 menit di awal pembelajaran. Murid membacakan cerita secara bergiliran. Cerita bisa dibuat sendiri, atau cerita bisa diambil dari buku, majalah, surat kabar, internet, dll. Di awal program Murid sepakat ditunjuk oleh Guru, dipertemuan berikutnya Murid yang membaca cerita yang akan menunjuk temannya.




Hasil

·           Murid tertarik membaca cerita

·           Perbendaharaan kata meningkat

·           Ada engagement yang baik antara Guru dan Murid, serta Murid dengan Murid yang lain

·           Peningkatan rasa percaya diri dan tanggung jawab