Rabu, 30 September 2020

LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 9 - BERKARYA SENI LUKIS ALIRAN ROMANTIK

 A.  Tujuan Belajar

Setelah mempelajari materi berkarya seni lukis aliran romantik peserta didik diharapkan dapat:

v  Membuat lukisan aliran romantik.

 

B.  Berkarya Seni Lukis Aliran Romantik

Uraian Materi

Romantik, yaitu aliran seni rupa yang lebih bersifat imajiner, aliran ini melukiskan cerita-cerita yang romantis, peristiwa yang dahsyat atau kejadian yang dramatis. Pelukis yang bergaya romantisme tersebut antara lain Raden Saleh, Fransisco Goya, dan Turner.

Gambar 9.1 contoh lukisan aliran romantik. Lukisan historis yang melegenda “Penangkapan Pangeran Diponegoro” karya sang pelukis maestro kebanggaan Indonesia Raden Saleh, karya seni yang dilukis pada tahun 1857, menggambarkan ditangkapnya Pangeran Diponegoro oleh Letnan Jenderal Hendrik Merkus de Kock pada 28 Maret 1830, lukisan ini berukuran 112cm x 178cm.

Pada gambar 9.1 adalah salah satu contoh lukisan beraliran romantik. Untuk melukis sebuah lukisan romantik, kita bisa melukiskan kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang berupa kejadian dramatis. Misalnya kejadian dramatis tim SAR (tim penyelamat) dalam menyelamatkan seseorang yang terseret arus banjir. Contoh lain yang bisa dilukiskan antara lain banjir lumpur dahsyat yang menerjang Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Kemudian kejadian dahsyat lain yang bisa dilukiskan misalnya kejadian tsunami di aceh pada tahun 2004.Itulah beberapa peristiwa yang cocok untuk dilukiskan dalam melukis dengan aliran romantik. Kita juga bisa melukiskan peristiwa alam lainnya yang luar biasa, misalnya gerhana bulan, gerhana matahari, angin puting beliung, pelangi, ombak menghantam perahu, dan peristiwa lainnya.

 

C.  Tugas

Buatlah sebuah lukisan beraliran romantik!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar