Rabu, 01 Juli 2020

Refleksi Pembelajaran: Modul 09 Media Pembelajaran Berteknologi Digital

1. Istilah penting/kata kunci:

 

1) Pengintegrasian TIK

2) Berpikir tingkat tinggi

3) Literasi TIK

4) Media pembelajaran berteknologi digital

5) Platform digital

6) Sosial media

7) Pendidikan

8) Pembelajaran

9) Guru

10) Peserta didik

11) Daring

12) Rencana pembelajaran

13) Karakteristik media pembelajaran digital

14) Klasifikasi media pembelajaran digital

15) Lingkungan sistemik pembelajaran digital

16) Support system

17) Integrasi media

18) engage and enhance

19) RPP

20) Digital technology native

21) Internet

22) Gawai

23) Silabus

 

2. Refleksi Modul Media Pembelajaran Berteknologi Digital

 

Media Pembelajaran Berteknologi Digital

Media pembelajaran merupakan bagian penyampai pesan dalam proses pembelajaran. Agar hasil dari proses pembelajaran bisa lebih baik. Media pembelajaran memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan. Media pembelajaran bisa berupa media pembelajaran berbasis IT dan non IT. Media pembelajaran berbasis IT bisa memanfaatkan teknologi digital. Teknologi digital merupakan teknologi yang menggantikan teknologi sebelumnya, menggantikan sistem analog atau mekanik. Masih ingatkah Anda dengan kamera analog, kamera yang menggunakan film/klise sekarang tergantikan dengan kamera digital. Dengan teknologi digital semua lebih mudah dan lebih efisien. Teknologi digital memiliki banyak manfaat, termasuk bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran atau dalam pendidikan. Contohnya platform digital sosial media bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran.

Untuk melaksanakan proses pembelajaran, tentu butuh perencanaan. Untuk itu, kita butuh RPP yang akan mengakomodir proses pembelajaran dari awal hingga akhir. Diibaratkan kalau membuat film, RPP adalah naskah atau skenario yang akan menuntun aktor dan aktris dalam menjalani perannya. Tentunya dalam berakting seorang aktor dan aktris terkadang berimprovisasi untuk hasil yang lebih baik. Untuk itu, RPP yang dipersiapkan seorang guru harus benar-benar matang. Dan harus mampu berimprovisasi kalau dalam proses pembelajaran mengalami kendala yang tidak sesuai dengan apa yang direncanakan.

Dalam membuat RPP kita perlu perlahan-lahan mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran sehingga kita bisa mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat. Dan mengganti proses belajar konvensional menjadi proses belajar yang lebih menarik dan interaktif. Untuk itu, mari kita maksimalkan penggunaan teknologi digital dalam mengefisienkan proses belajar mengajar. Bagaimana cara membuat rencana pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital dengan baik? Rencana terbaik adalah rencana pembelajaran dengan memanfaatkan/memilih teknologi digital yang disesuaikan dengan kebutuhan kelas kita. Pengetahuan global yang kita miliki harus disesuaikan dengan keadaan lokal yaitu keadaan kelas yang kita ajar.

Mari kita mengenal media pembelajaran berteknologi digital. Dengan mengenal media pembelajaran berteknologi digital, kita dapat memanfaatkannya untuk proses belajar mengajar di kelas, bisa disesuaikan atau diadaptasikan dengan keadaan kelas kita. Contohnya, penggunaan Buku Sekolah Elektronik, Kelas Digital, kecerdasan buatan, mesin pembelajaran. Media pembelajaran berteknologi digital mendekatkan peserta didik pada kebutuhan masa depannya.

Tren teknologi digital dalam pendidikan yang kini mempengaruhi pembelajaran peserta didik menurut Forbes adalah:

  • Augmented Reality/Virtual Reality/Mixed Reality
  • Redesigned Learning Spaces (Smartboards)
  • Kecerdasan Buatan
  • Personalisasi Belajar
  • Gamifikasi

Berikut beberapa jenis media pembelajaran berteknologi digital yang dapat dimanfaatkan:

a. Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif adalah perpaduan beberapa media seperti teks, gambar, suara, animasi, video dan lain-lain secara terpadu dan sinergis melalui komputer atau peralatan elektronik lain untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk mendistribusikan hasil final multimedia interaktif, dapat dilakukan dengan: 1) Mengemas dalam bentuk cakram digital, 2) Melalui web ataupun mobile-web.

b. Digital Video dan Animasi

Video Based Learning atau pembelajaran berbasis video merupakan media pembelajaran yang menarik karena berisi audio dan visual. Pembelajaran berbasis video memfasilitasi dalam memproses informasi lebih cepat, mempertahankan pengetahuan dan mengingatnya dengan akurat. Sekitar 90% dari informasi yang diterima peserta didik bertahan dan berkembang dalam bentuk visual. Demikian juga dengan animasi, animasi dapat membantu menjelaskan sebuah konsep.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar